ruanghati.com on Facebook

Inilah Fu Yung Hai, Dadar Kepiting Yang Paling Gurih Nikmat Tak Tertahankan

Hidangan legendaris ini selalu jadi andalan resto bergaya China. Mirip dadar telur dengan bagian pinggir yang keriting renyah. Empuk dan gurih karena diisi daging kepiting dan sayuran. Siraman kuah asam manis yang kental membuat rasanya makin mantap. Resto mana yang punya fu yung hai paling enak?

Fu Yung Hai, Dadar Kepiting Yang Paling Gurih Nikmat Tak Tertahankan

Fu Yung Hai, Dadar Kepiting Yang Paling Gurih Nikmat Tak Tertahankan

Fu yung hai kadang ditulis sebagai pu yung hai, pu yung hay, hingga phoe young hay di menu resto China. Sajian ini juga kadang disebut egg foo young. Hai dalam bahasa China artinya daging kepiting sehingga nama ini merujuk pada omelet daging kepiting.

Ada juga yang menyebutkan bahwa fu yung hai ini merupakan makanan yang dibuat dari beragam sisa bahan makanan dan dicampur dengan telur. Karenanya selain daging kepiting kadang dicampur dengan daging ayam, udang dan sayuran. Penyajiannya juga memakai saus asam manis yang sederhana.

Penasaran, detikFoodpun tertarik mencicip fu yung hai racikan 3 restoran legendaris di Jakarta. Konon, restoran Miranda, Mandala, juga Trio punya racikan fu yung hai yang nikmat dan mantap. Masing-masing resto ini punya gaya sajian yang berbeda.

Restoran Trio berpintu hijau yang terletak dekat stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat ini memang sangat populer dengan olahan daging, seafood dan sayuran yang sudah melegenda. Nah, bagaimana dengan rasa menu fu yung hai seharga Rp. 45.000/ porsi ini?

Fu yung hai buatan restoran Trio ini tampak tipis dan digoreng hingga cokelat gelap. Seporsinya berisi dua fu yung hai berukuran tipis, sekitar 1,5 cm. Karena tak tebal, maka bisa dipastikan teskturnya renyah. Di bagian dalamnya berisi suwiran daging ayam berlimpah. Tak ada kacang polong, wortel ataupun daun bawang yang lazim terdapat di dalam adonan fu yung hai.

Serupa dengan adonan telurnya, kuah fu yung hai nya tampil polos tanpa tambahan sayuran. Warnanya coklat gelap kental dengan rasa gurih-gurih manis. Baik adonan telur dan kuahnya tak tejejak rasa bumbu berlebihan. Jika ingin rasanya lebih kaya, harus menambahkan saus sambal atau saus tomat lagi.

Restoran Miranda yang letaknya tak jauh dari Taman Menteng ini merupakan cabang dari Semarang yang dulu bernama ‘Tan Goei’. Resto ini memang punya makanan legendaris yang selalu dicari penggemarnya. Seporsi fu yung hai yang disajikan cantik dilengkapi saus asam manis yang aromanya menggelitik hidung.

Fu yung hainya tampak sedikit lebih tebal dari yang disajikan Trio. Teksturnya empuk-empuk renyah, dengan kelezatan daging kepiting dan daging ayam di dalamnya. Ada juga cacahan wortel dan daun bawang di bagian dalam. Daging kepiting yang halus begitu gurih di lidah, dengan aksen bawang yang harum enak.

Sensasi fu yung hai lezat makin kuat ketika disantap dengan saus asam manis. Paduan rasanya begitu seimbang, tak terlalu manis, tak juga terlalu asam. Hmm, fu yung hai seharga Rp. 28.500 ini benar-benar memanjakan lidah!

Tak berhenti di situ, kamipun turut mendatangi restoran Mandala. Terkenal dengan bumbunya yang berani, kamipun berestimasi jika fu yung hai ini tak kalah nikmatnya. Satu porsi fu yung hai di restoran Mandala dihargai Rp. 55.000, berisi 2 buah fu yung hai dengan ketebalan sekitar 2,5 cm.

Harga dan kualitasnya begitu sepadan. Fu yung hainya padat isian, dari wortel, kacang polong, kol, udang, daun bawang, juga tercecap gurih lembutnya daging kepiting. Rasa gurihnya juga mantap!

Sayangnya, cita rasa sausnya kurang bisa mengimbangi. Saus asam manis yang kental ini punya rasa yang asam agak tajam menggigit. Karenanya perlu ditambahkan sedikit saus cabai atau tomat agar rasa sausnya lebih seimbang.

Tak sulit menentukan mana yang paling enak, karena fu yung hai buatan Miranda sudah tentu paling juara. Fu yung hai dan sausnya begitu pas beradu di lidah. Ah, tapi pasti Andapun punya pilihan sendiri mana fu yung hai paling enak. Kalau ingin bernostalgia dengan menu klasik ini, mampir saja ke salah satu rumah makan ini.

Restoran Trio
Jl. R. P. Soeroso No. 29 A
Jakarta 10350 (dekat stasiun Gondangdia)
Telp: 021-31936295

Restoran Miranda (D/h Tan Goei)
Jl. Besuki No. 1A Jakarta
Telp: 021-31937820

Jl. Tanjung 25, Semarang
Jl. Setia Budi 124 A, Semarang

Restoran Mandala
Jl. Wolter Monginsidi No. 80 blok Q
Jakarta Selatan
Telp: 021-93899597

Share and Recommend to Your Friends

Share to Google Plus

Tips Kuliner Lainnya:

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>