ruanghati.com on Facebook

Tips Memasak

Garam dan Lemon Bikin Talenan Lebih Wangi

Meski sekarang ini papan pemotong atau talenan sudah banyak yang terbuat dari plastik, namun talenan kayu masih jadi favorit ibu rumah tangga. Karena, lebih kuat dan lebih enak digunakan. Sayangnya, papan kayu ini punya beberapa kelemahan. Bila sering dicuci, kayunya jadi mudah lapuk. Sebagai solusinya, orang jarang mencucinya supaya tidak cepat lapuk, yang malah berakibat munculnya aroma yang kurang sedap.

Jika talenan kayu yang terlalu sering dicuci membuat kayunya lebih cepat lapuk, lalu gimana cara membersihkannya? Mudah saja, hindari mencucinya dengan air terlalu sering. Bersihkan papan kayu ini dengan campuran garam dan potongan jeruk lemon. Caranya, taburkan garam secukupnya ke talenan, kemudian gunakan potongan jeruk lemon untuk menggosok talenan ini. Setelah seluruh bagiannya bersih dan wangi, lap talenan dengan kain bersih.
Selain garam dan jeruk lemon, Anda juga bisa membersihkan talenan dengan menggunakan cuka dan spon plastik. Tuangkan cuka ke atas talenan kemudian gunakan spon untuk menggosoknya. Kemudian keringkan dengan kain bersih. Namun tak seperti jeruk lemon, membersihkan talenan dengan cuka meninggalkan aroma yang kurang segar.

 

Share and Recommend to Your Friends

Share to Google Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>